Saturday, June 26, 2010

Bagaimana Cara Besarkan Bonggol Adenium

Bonggol adenium besar dan meliuk-liuk adalah salah satu daya tarik dan kelebihan dari tanaman hias ini.  Bahkan ada yang mengatakan keunikan bonggol merupakan daya tarik utama melebihi dari kecantikan dan semarak bunga adenium.

Persoalan adalah tidak mudah mendapatkan bonggol bisa besar atau membuat menjadi besar dan unik. Banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya jenis adenium, perawatan adenium, media adenium , lingkungan .

Besarkan Bonggol Adenium

Berkaitan dengan judul diaatas "perawatan adenium", lebih tepat tips membesarkan bonggol adenium dengan cara memendam dengan media tanam.

Berdasarkan pengalaman beberapa penghobi adenium, memendam bonggol telah diakui merupakan salah satu cara jitu membesarkan bonggol. Saya disini membedakan antara tanaman sudah cukup umur dengan yang belum, agar terhindar dari busuk bonggol.

Berikut Cara Dapat Dilakukan
  1. Diameter bonggol kurang dari 12cm atau umur tanaman kurang dari 1 tahun, pedam bonggol sampai batas batang.
  2. Diameter bonggol lebih dari 12cm atau umur tanaman lebih dari 1 tahun, pedam bonggol hanya sedikit diatas diameter terbesar.
Untuk mendapatkan bonggol adenium lebih baik juga perhatikan jenis adenium. Jenis adenium obesum, adenium arabicum, RCN dapat menjadi pilihan hobiis.

Demikian hobiis memendan bongol ini telah dicoba oleh kami sendiri dan hasilnya cukup baik dan mengurangi resiko busuk akar. Kalau hobiis sependapat silakan coba!
Share this article :

Related Post :



2 comments:

trisno widodo said...

siip gan

gip_peace said...

gmna caranya agar bonggol memanjang n sma bsar, sehingga waktu program akar nti adeniumnya tidak terkesan cebol / pendek. tq..

Post a Comment

Saya lebih menghargai yang memberikan Link balik, bagi yang mengambil sumber dari blog ini.

 
DMCA.com © Copyright 2014. Perawatan Adenium