Pruning Adenium Solusi Pertumbuhan Batang Cabang Tidak Kompak

Pruning adenium adalah pemangkasan daun adenium baik itu sebagian atau keseluruhan. Pruning adenium lebih kurang artinya demikian. Kepada para senior hobiis adenium kalau difinisi tersebut salah mohon saran dan petunjuknya. Memang pruning adenium tidak terlepas dari perawatan adenium secara keseluruhan dan perawatan berkelanjutan.

Cara paling mudah membuat batang adenium rata dan bercabang adalah dengan pemangkasan cabang. Tapi ada cara lain untuk menyiasati pertumbuhan adenium tidak rata yaitu dengan pruning daun. Selain menyiasati pertumbuahan cabang, pruning dapat juga untuk membantu agar batang menjadi besar dan pendek. Kalau hobiis pernah melihat batang adenium kurus-kurus dan panjang  tidak rata maka pruning daun adenium salah satu solusi dapat hobiis coba. Bagi hobiis senang dengan bonsai adenium, pruning daun ini sangat membantu.  Intinya, pruning salah satu solusi agar adenium tampil kompak cantik mempesona.

Kalau ada adenium hobiis batang cabang tidak sama panjang, biasanya karena tumbuh secara alami juga akibat dari penyiraman adenium tidak tepat, satu cabang tumbuh cepat yang lain lambat. Pruning daun dapat membantu masalah tersebut. Karena pruning daun dapat menghambat pertumbuhan batang.

Caranya dengan memotong daun berwarna hijau muda pada batang panjang, sedangkan pada batang  pendek biarkan daun tetap utuh. Dengan demikian diharapkan nanti batang adenium akan rata. Lakukan pruning daun ini secara berkala? Keberhasilan pruning daun tidak terlepas juga dari perawatan adenium secara keseluruhan.

Pruning Adenium

Pruning daun dapat dibagi menjadi 2 bagian.

1. Pruning daun atas
2. Pruning daun bawah

Pruning daun atas adalah memotong daun muda, daun berwarna hijau muda, ini bertujuan untuk menghambat pertumbuhan batang. Diawali dengan memotong daun 3 lembar paling atas. Kalau belum kelihatan pertanda tumbuh melambat boleh ditambah lagi jumlah daun yang dipotong, bahkan kalau perlu dapat dilakukan memotong daun sampai habis alias gundul.

Pruning daun bawah adalah memotong daun tua berwarna hijau tua tentu berada pada bagian bawah. Tujuan pruning daun bawah adalah untuk mempercepat penuaan batang. Diawali dengan daun berwarna hijau tua saja, kalau masih serasa belum cukup, boleh tambah pemotongan bertahap,  sampai hanya menyisakan 5 daun bagian atas saja.

Bagaimana hobiis dengan teknik pruning daun bisa dicoba? Untuk artikel ini saya rasa sampai disini dulu mudah-mudahan lain waktu dapat diperdalam lagi. Bertambah lagi salah satu kelebihan adenium yaitu pruning daun mempermudah pembentukan menjadi bonsai adenium. Semoga berguna, salam sukses sahabat hobiis adenium. Jangan sampai bosan melakukan perawatan adenium secara rutin.

Pruning Adenium Solusi Pertumbuhan Batang Cabang Tidak Kompak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jos

1 komentar: