Monday, March 7, 2011

Bagaimana Mempersiapkan Biji Adenium Berkualitas Baik

Mempersiapkan biji adenium dari awal termasuk juga upaya mendapatkan bibit unggul dan akan mempermudah perawatan adenium. Apakah nanti akan dijadikan adenium bonsai atau membesar alami seperti di negeri asalnya. Mempersiapkan biji mulai dari buah masih dipohon sampai siap untuk di semai, langakah ini  perlu mendapat perhatian agar dapat biji kualitas baik.

Semakin dini kita memperhatikan buah adenium semakin baik biji adenium didapat. Kenapa dimulai dari pohon?. Karena mulai dari sanalah biji itu ada dan akan mengalami proses sampai jadi buah matang dengan berbagai macam pengaruh, baik maupun buruk.

Biji Adenium

Langkah awal adalah seleksi buah adenium mana saja akan dibesarkan sampai tua. Ini dapat dilakukan kalau adenium hobiis mempunyai putik buah banyak dalam satu pohon. Biasanya adenium obesum juga banyak mengasilkan buah dalam satu pohon. Jangan dipaksakan adenium hobiis menuakan buah sampai banyak. Harap disesuikan dengan besar pohon.

Mulai dari buah perawatan sudah dijaga seperti penyiraman adenium yang tepat. Pilih nutrisi tepat pada saat pemupukan juga menjadi perhatian. Beri pupuk seimbang, jangan beri pupuk bunga atau pupuk daun. Memyemprot peptisida untuk membasmi hama tetap dilakukan dengan memperhatikan keadaan tanaman. Tempatkan adenium pada lingkungan bersih terhindar dari lembab dan mendapat sinar matahari cukup.

Untuk membesarkan buah dan menuakan, membutuhan makanan yang banyak. Terkadang terlihat adenium berhenti pertumbuhannya ini dikarenakan sari makanan tersedot kebuah. Untuk membantu hal ini dapat juga dilakukan pruning daun bawah. Daun yang sudah berwarna hijau tua, tapi jangan daun masih hijau muda.

Pada saat buah adenium sudah mulai tua ditandai dengan warna kulit buah mulai kecoklatan.   Buah sudah mulai tua juga kelihatan ada retak di tengah tengah buah. Ini lama kelamaan akan pecah. Sebelum pecah buah adenium diikat agar biji adenium tidak berterbangan kemana mana. Buah tua jangan dipetik dulu tunggu sampai benar-benar tua atau terlepas sendiri dari tangkai.

Setelah buah adenium benar-benar tua boleh dipanen. Selanjutnya biji adenium dikeluarkan dan buang bulunya. Biji adenium yang sudah dibuang bulunya dijemur dengan matahari langsung sampai kering. Selanjunya diseleksi, yang kempes dibuang. Yang padat berisi inilah biji adenium baik.

Pada tahap ini biji adenium sudah siap untuk disemai. Bagaimana cara menyemai biji adenium baca disini.

Salam sukses hobiis.
Share this article :

Related Post :



0 comments:

Post a Comment

Saya lebih menghargai yang memberikan Link balik, bagi yang mengambil sumber dari blog ini.

 
DMCA.com © Copyright 2014. Perawatan Adenium