-->

Type something and hit enter

author photo
By
Mempersiapkan biji adenium dari awal termasuk juga upaya mendapatkan bibit unggul dan akan mempermudah perawatan adenium. Apakah nanti akan dijadikan adenium bonsai atau membesar alami seperti di negeri asalnya. Mempersiapkan biji mulai dari buah masih dipohon sampai siap untuk di semai, langakah ini  perlu mendapat perhatian agar dapat biji kualitas baik.

Semakin dini kita memperhatikan buah adenium semakin baik biji adenium didapat. Kenapa dimulai dari pohon?. Karena mulai dari sanalah biji itu ada dan akan mengalami proses sampai jadi buah matang dengan berbagai macam pengaruh, baik maupun buruk.

Biji Adenium

Langkah awal adalah seleksi buah adenium mana saja akan dibesarkan sampai tua. Ini dapat dilakukan kalau adenium hobiis mempunyai putik buah banyak dalam satu pohon. Biasanya adenium obesum juga banyak mengahsilkan buah dalam satu pohon. Jangan dipaksa adenium hobiis mematangkan buah sampai banyak. Harap disesuikan dengan besar pohon.

Mulai dari buah perawatan sudah dijaga seperti penyiraman adenium yang tepat. Pilih nutrisi tepat pada saat memupuk juga menjadi perhatian. Beri pupuk seimbang, jangan beri pupuk bunga atau pupuk daun. Menyemprot peptisida untuk membasmi hama tetap dilakukan dengan memperhatikan keadaan tanaman. Tempatkan adenium pada lingkungan bersih terhindar dari lembab dan mendapat sinar matahari cukup.

Untuk membesarkan buah sampai matang, butuh makanan yang banyak. Terkadang terlihat adenium berhenti tumbuh ini karena sari makanan tersedot ke buah. Untuk membantu hal ini dapat juga dilakukan pruning daun bawah. Daun yang sudah berwarna hijau tua, tapi jangan daun masih hijau muda.

Pada saat buah adenium sudah mulai tua ditandai dengan warna kulit buah mulai coklat.   Buah sudah mulai tua juga kelihatan ada retak di tengah tengah buah. Ini lama kelamaan akan pecah. Sebelum pecah buah adenium diikat agar biji adenium tidak terbang kemana mana. Buah tua jangan dipetik dulu tunggu sampai benar-benar tua atau terlepas sendiri dari tangkai.

Setelah buah adenium benar-benar tua boleh dipanen. Selanjutnya biji adenium dikeluarkan dan buang bulunya. Biji adenium yang sudah dibuang bulunya dijemur dengan matahari langsung sampai kering. Selanjutnya seleksi yang kempes dibuang. Yang padat berisi inilah biji adenium baik.

Pada tahap ini biji adenium sudah siap untuk disemai. Bagaimana cara menyemai biji adenium baca disini.

Salam sukses hobiis.

4 komentar

avatar

Oh ya semoga sukses bro aldo rahman, mudah-mudahan biji adeniumnya bagus-bagus.

avatar

Iketnya sebaika pakai tali apa mas? karet...

avatar

Pakai tali aja Mas Hery Anshari

Click to comment