Type something and hit enter

author photo
By On
Cara Mengatasi Busuk Akar Bonggol Adenium - Busuk bonggol salah satu kendala merawat tumbuhan adenium. Hobiis sekalian tentu pernah juga mengalami hal ini. Bagaimana mengatasinya? Saya akan share cara  mudah dan sederhana mengatasi busuk bonggol adenium.

Berbagai macam penyebab busuk bonggol, ada yang disebabkan oleh memilih media adenium tidak baik atau cara siram tidak tepat.  Tapi yang paling sering adalah oleh musim hujan. Apapun penyebabnya inilah yang dapat dilakukan kalau adenium busuk bongol / akar.

Cara mudah mengatasi busuk akar / bonggol adenium

Busuk Adenium
1. Angkat adenium dari pot
Miringkan dan ketok-ketok keliling pot sampai terpisah, keluarkan?

2. Untuk melepaskan media yang menempel di akar pukul perlahan sekeliling media.

3. Bersihkan akar dan bonggol dari media sampai bersih, dengan cara menyemprotkan air.

4. Gantung adenium ditempat terlindung dari panas dan hujan.

5. Biarkan beberapa hari sampai bonggol yang busuk kering. Lama waktu menggantung adenium tergantung kondisi busuk, 3 hari 7 hari atau lebih. Daun kuning rontok tidak apa-apa, nanti akan tumbuh kembali. Tapi perlu berhati-hati juga, jangan sampai kering sampai ke batang.

6. Tanam kembali dengan media porous dan tempatkan pada lokasi terlindung.

Demikian cara mudah mengatasi busuk bonggol adenium. Setelah ditanam kembali lakukan perawatan extra sampai keluar tunas baru. Semoga membantu!

4 komentar

avatar

saya sangat berterima kasih dgn adanya artikel ini dimana sangat membantu mengatasi masalah adenium dimusim hujan. ibu Lia Makassar

avatar

Ya sama-sama Ibu Lia Makasar, senang dapat membantu

avatar

Terimakasih untuk artikelnya, akar adenium sy busuk, akhirnya akar yg busuk sy potong, krn banyak jentik2 ulatnya. saat ini blum sy tanam lagi. Apa medianya hrs dibuang, atau bs tuk tanam adenium lagi?. trus akar2 yg kecil2 bisa dibuang nggak ya? Makasih sebelumnya.(Ibu Ari di Depok)

avatar

Bagaimana mengatasi batang utama yg membusuk hingga batang keropos dan berongga, terima kasih

Click to comment