Jenis dan Cara Mencegah Hama Adenium

Jenis dan Cara Mencegah Hama Adenium - Adenium termasuk tanaman jarang terkena hama penyakit. Namun alangkah baiknya jika hobiis mengenal jenis dan cara mencegah, suatu saat ada gunanya.

Timbul hama disebabkan oleh tidak terjaga kebersihan lingkungan adenium sekitar. Seperti gulma dan daun kering disekitar tumbuhan.

Jenis hama penyakit adenium ini, Saya kutip dan letaratur dari buku adenium karangan Godongijo, sengaja saya share disini agar hobiis juga dapat mengetahui dan mencobanya. Diharapkan dengan ini lebih mendalami pengetahuan tentang cara merawat adenium.

Jenis Hama Yang Sering Menyerang Adenium

1. Aphids
Hama ini berupa kutu berwarna kuning. Kutu ini menyerang daun muda adenium. Daun yang diserang penampilannya akan rusak, kering dan kerdil. Gejalanya daun muda akan menjadi kering.

Penanggulangannya dengan menyemprotkan insektisida Confidor dengan dosis 0,5 - 1 ml/l air.

Hama Adenium

2. Trips
Hama ini seperti kutu berwarna merah hitam dan bergerak sangat cepat. Hama ini menyerang kuncup bunga adenium sehinga gagal berkembang dan akhirnya menjadi kering.

Mengatasinya bisa menyemprotkan Metindo dengan dosis 1 g/l air atau Agrimex dengan dosis 0,5 ml/l air.

Hama Adenium

3. Root mealy buy
Bentuknya seperti kutu rambut berwarna putih. Kutu ini menjadi momok pekebun adenium. Kutu sangat gemar bersarang didalam media lembab. Gejala pucuk adenium layu, bila media  dibongkar tampak akar membusuk dan terlihat hewan kecil bertepung putih menempel pada akar.

Penanggulangannya dengan Dursban atau Diazinon dosis 1 ml/l air. Larutkan dan siram langsung ke media , jika serangan terlalu parah sebaiknya media diganti.

4. Spider mite
Spider myte terutama menyerang adenium dari jenis daun berbulu. Famili Tetranychdae ini senang bersarang di bawah daun, sehingga kerap ditemukan selaput tipis mirip sarang laba-laba. Tungaua ini menyebabkan warna daun pucat layu lalu berubah menjadi coklat. Sehingga daun rontok satu persatu sampai gundul. Perkembangannya sangat cepat, dalam tempo 1-2 minggu saja daun menjadi gundul walaupun tidak mengalami kematian.

Penanggulangannya, gunakan akarisida seperti Omite atau Kelthane dosis 0,5 - 1 ml/l air. Semprotkan frekuensi 2 - 3 kali selama 2 minggu.


5. Fungus gnat
Serangga ini seperti lalat kecil berwarna hitam dan bersayap transparan. Serangan pada media adenium. Tanaman yang diserang ditandai adanya bintik hitam pada kuncup bunga, selanjutnya kuncup bunga akan busuk.

Jika menemukan telur harus segera dibuang, karena telur akan menjadi ulat kecil berwarna putih memakan bunga muda. Untuk mengatasinya dengan menyemprotkan pada bagian yang diserang Trigard, Agrimec dan Trigard dosis 0,5 ml/l air.

Itulah jenis hama yang sering menyerang tanaman adenium. Agar tidak mudah terkena hama penyakit lakukan perawatan intensif. Seperti menyiram yang tepat, memilih dan komposisi media yang baik, lingkungan yang cocok serta pemberian pupuk dan peptisida terukur.

Jenis dan Cara Mencegah Hama Adenium Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jos

0 komentar:

Post a Comment