Type something and hit enter

author photo
By On
Mengatasi penyakit adenium merupakan bagian dari merawat kamboja jepang. Sebenarnya tanaman ini jarang terkena penyakit. Tapi kalau adenium dibudidayakan banyak, tentu besar kemungkinan ada yang terkena penyakit. Lantas  penyakit apa saja yang sering menghinggapi adenium. Saya akan coba sharing dibawah ini.

Penyebab utama adenium terkena penyakit karena lingkungan tanaman tidak terjaga kebersihan. Dari sini mulai timbul gulma yang bisa menjadi faktor hama dan penyakit.

Penyakit Sering Menyerang Adenium

1. Pomopsis
Tanda dari adenium terkena pomopsis adanya bercak coklat pada daun, makin lama makin melebar kemudian membusuk.
Pomopsis Penyakit Adenium

Cara mengatasi penyakit pomopsis ini dengan menyemprot Manzate, Daconil atau Ortocide. Dosis pemberian 1 g / l air.

2. Layu pucuk
Layu pucuk disebut juga dengan layu fusarium. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Fusarium. Adenium yang diserang terlihat pucuk daun hitam dan busuk. Tetapi tidak berbau sehingga menyebabkan tanaman mogok bertunas.
Penyakit Adenium

Cara mengatasi dengan menyemprotkan Manzate, Daconil atau Orthocide. Pemakaian dengan dosis 1 g / l air.

3. Busuk Akar
Penyakit ini tidak disebabkan oleh cendawan, virus atau bakteri. Busuk akar termasuk penyakit fisiologis. Diawali dengan menyiram berlebihan atau curah hujan tinggi, akibatnya media tanam menjadi lembab. Kondisi media lembab berkepanjangan berakibat busuk akar atau busuk bonggol.

Kalau busuk akar terlihat yaitu diatas media tentu cepat di obati. Celakanya kalau tidak terlihat karena ditutupi media tentu akan cepat melebar. Hal ini ditandai dengan kuning daun dan adenium jadi kerdil.

Busuk Akar Adenium

Mengatasinya, segera bongkar media tanam, lalu potong akar busuk dengan pisau steril. Bagian potongan diolesi fungisida Benlate. Setelah itu digantung atau ditanam kembali dengan media baru. Untuk sementara tunda dulu menyiram media.

Bagaimana?. Apakah Hobiis pernah mengalami penyakit adenium seperti diatas?. Mudah-mudahan solusi ini dapat membantu.

18 komentar

avatar

Kalau batangnya kuning kenapa ya..kurang air..?sedangkan saya menyiram malam n pagi apa terlalu kena panas.Terima kasih atas jawabannya.

avatar

@anonymous
Batang kuning biasanya tidak apa-apa, selama itu sehat artinya batang padat tidak pucat tidak bercak disebabkan oleh jamur dan sebagainya. coba lihat ini tanda adenium sehat

avatar

Saya dksh org dah 2thn tp blm prnh sy liat tu adenium bbunga nth apa wrnanya daun jg jarang pucuk item, pdhl bongolny gede, kmrn2 sy ganti media, pupuk, jemur, sampe trahir ptg batang2ny tp blm tmbuh apapun, gimanain?

avatar

@anonymous
Adenium tidak berbunga? mungkin dari jenisnya . coba perhatikan, penyiraman, media, pupuk bunga dll

avatar

Adeniumny g nnjkn ada prtmbuhan atw mati, sy prnh baca kl pemberian ZPT yg salah yaitu tdk dks pupuk 1mggu sblmny bs menybkan tmbhan tsb merana bhkan smpai 2thn sw g tw prwtn sprt apa yg adnium itu trma sblmny, kl itu yg trjd solusiny apa y? Sy blm nemu lg rincian tsb, mungkn agan prnh pny pngalaman dmkian gt,,

avatar

@Nanassimadu
Saya ngak punya pengalaman demikian. Untuk solusinya coba ganti media dan lakukan perawatan yang baik

avatar

bunganya banyak gan,tapi ujung bunganya kering seperti terbakar,apa solusinya,tq.

avatar
This comment has been removed by the author.
avatar

bercak-bercak putih kehijauan pada batang/bonggol adenium sungguh merusak penampilan (seperti panu/kurap pada manusia), bagaimana cara mengatasinya...? obat apa yang ampuh namun aman bgi adeniumnya dan mnusia..? tolongin aq ya... stres banget ngeliatnya....
by, GIP

avatar

Jika batang adenium menggelembung tidak merata baik warna maupun besarnya dan ada seperti bekas tusukkan serangga, penyakit apakah itu? jika diibaratkan manusia mirip tumor

avatar

knapa ya gan adenium sy cepat kuning daunnya?bunga jg cepet rontok..

avatar

Biasanya pemakaian pupuk bunga berlebihan, sehingga pembuangan terlalu memaksa

avatar

Coba disemprot dengan pebasmi hama sesui takaran dalam kemasan. Bahannya dapat dibeli pada toko bunga

avatar

Sebenarnya tidak ada masalah selama batangnya sehat, ada beberapa species Adenium yang demikian, tapi kalau bukan jenis tersebut, mungkin lagi terserang hama. Coba perhatikan media, kalau perlu diganti dan semprot dengan pembasmi hama.

avatar

Daun cepat kuning, banyak kemungkinan, pemakaian pupuk berlebihan, media tidak cocok dll

avatar

terdapat bercak pada batang seperti panu gimana cara mengatasinya

avatar
This comment has been removed by the author.
avatar

Batang bercak-bercak cara mengatasinya, pertama perhatikan kondisi media dan perawatan secara keseluruhan. Setelah itu semprot dengan peptisida sesui takaran dan bantu dengan gosok-gosoksedikit, semoga membantu

Click to comment