Type something and hit enter

author photo
By On
advertise here
Kalau anda pesinta adenium tentu tidak asing lagi melihat percabangan batang banyak. Semakin banyak cabang tumbuh semakin takjub anda memandang. Tapi tahu kah anda bagaimana cara mensiasati pertumbuhan cabang indah tersebut. Apakah anda berfikir tumbuh secara alami, sehingga  tidak perlu bersusah payah merawat adenium tersebut. Mungkin ada benarnya tapi hanya 1% saja yang selebihnya salah. Yang ada adalah melakukan perawatan secara berkala dan continous. Begitu juga cara membuat adenium bercabang banyak. Saya akan tunjukan salah satu cara agar pertumbuhan cabang adenium lebih dari satu.

Cara yang akan saya tunjukan ini masih berhubungan dengan pemangkasan batang cabang. Kalau diluar itu tidak termasuk disini. Kenapa demikian? Alasannya supaya lebih spesifik.

Pertama; Lakukan pemotongan pada saat yang tepat. Waktu metabolisme dimana sedang mengalami pertumbuhan pesat atau dengan kata lain sedang powerfull. Pemotongan pilih pada musim yang tepat. Bagaimana melihat atau tanda-tanda sedang powerfull atau musim yang tepat. Anda bisa lihat pada artikel waktu pangkas adenium yang tepat .

Kedua; Lakukan persiapan dengan matang, peralatan potong, fungisida dll.

Ketiga; Ini penting! Jangan potong batang sembarangan! Perhatikan titik bakal tunas? Bakal titik tunas harus ada karena dengan ada titik bakal tunas, dari sinilah awal pertumbuhan cabang. Bagaimana melihat bakal titik tunas? Titik tunas ada pada bekas daun yang sudah lama rontok. Perkirakan pemotongan berada sedikit diatas titik tunas ini. Kalau mau tumbuh tunas tiga, titik tunas juga harus tiga. Usahakan jarak ketiga titik tunas tersebut dekat ke jarak pemotongan. Kalau jarak yang satu jauh dari bekas potong kemungkinan tumbuh hanya dua. Jadi harus jeli memperkirakan jarak semua titik tunas ke bekas potongan.

Keempat; Ini tidak kalah penting. Anda dapat melakukan goresan pada batang yang telah dipotong. Seakan-akan tumbuhan dipaksa tumbuh bercabang. Caranya adalah, Buat belahan pada ujung bekas potongan, jumlahnya terserah anda, sesuaikan dengan berapa cabang yang diinginkan. Saran saya jangan lebih dari tiga. Dengan catatan pada setiap cabang tersebut harus ada titik tunas. Sekali lagi titik tunas ini menjadi sangat penting sama pentingnya dengan perawatan adenium secara rutin.

Mensiasati Cabang

Kelima; Terakhir jangan lupa oleskan fungisida agar pembuangan tidak terlalu banyak.

Demikian kawan-kawan hobiis adenium dan pencinta bonsai adenium semoga berguna. kalau ada saran atau pendapat lain dipersilakan. Sebenarnya ada cara perawatan adenium lain yang dapat merangsang pertumbuhan lebih dari satu, coba saja lihat disini. Salam adenium.

9 komentar

avatar

Cool blog. Glad to see someone making a blog for these wonderful plants.

avatar

Thank you for visiting this blog mrbrownthumb. I added the spirit of making this blog if anyone happy.

avatar

sangat membantu,,
terima kasih gan

avatar

@Fay

Ya sama sama, senang rasanya kalau tulisan saya ini berguna bagi yang lain.

avatar

makasih infonya...

avatar

wah..blognya keren..
makasi infonya gan...

avatar

Mas , itu di tebang smua batangnya tanpa ada sisa daun nya ?

avatar

kira2 panjang batang yg disisakan brp cm ya?

avatar

@perawat anis
Panjang batang yang disisakan, dekal bonggol lebih panjang semakin keatas semakin pendek kurang lebih 10 cm, atau sesui kondisi.

Click to comment