-->

Type something and hit enter

author photo
By
Media mempunyai pengaruh besar terhadap perawatan adenium secara keseluruhan. Media awal dari pertumbuhan tanaman maka dari itu media juga mendapat perhatian lebih, agar adenium dapat tampil indah mempesona.

Sebaiknya tahu dulu mengenai media adenium dan komposisi media adenium yang baik.

Kita semua tahu media tempat penyimpanan nutrisi bagi tumbuhan, kalau media sudah tidak menyiram nutrisi lagi berarti media sudah harus diganti. Nutrisi disebut juga unsur hara pada tumbuhan. Unsur hara ini juga harus seimbang didalam media. Kalau media sudah lama tentu tidak tersedia lagi unsur hara. Kalaupun ada tidak seimbang atau tidak sesuai lagi yang dibutuhkan oleh adenium. Bisa saja tumbuhan lain tumbuh subur dengan media tersebut tapi belum tentu cocok untuk adenium.

Media sudah lama biasanya juga berpotensi mendatangkan penyakit pada adenium. Karena media sudah mulai berlumut dan halus. Media tersebut juga sudah banyak unsur tanah. Dari kekedapan air juga sudah sangat tinggi, artinya air tidak cepat keluar dari dalam pot. Semua hobiis mengetahui bahwa adenium tidak baik kalau media jenuh air. Karena media jenuh air adenium gampang kena penyakit. Seperti batang berubah warna coklat tua dan banyak gulma. Akar juga gampang membusuk dan tumbuh hama lain seperti kutu kuning dan kutu merah.

Ganti Media Adenium

Oleh karena faktor disebutkan diatas maka segera ganti media adenium hobiis. Tapi kapan waktu mengganti media. Waktu mengganti media dapat dilakukan 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali. Kalau media masih kelihatan bagus ya 1 tahun sekali kalau tidak diantaranya. Sangat jarang media adenium masih bagus diatas 1 tahun. Tapi tidak menutup kemungkinan. Setidaknya ini pengalaman saya, jadi kalau ada yang bertahan lama saya juga minta di share disini.

Ganti media juga untuk mengurangi peptisida. Karena media sudah baik dapat menahan hama yang akan timbul seperti disampaikan diatas. Penggunaan pupuk juga berkurang karena media yang baik sudah mempunyai keseimbangan nutrisi.

Demikian hobiis perawatan adenium kali ini mudah-mudahan berguna.

Click to comment