-->

Type something and hit enter

author photo
By
Bonggol adenium besar dan meliuk-liuk adalah salah satu daya tarik dan kelebihan dari tanaman hias ini.  Bahkan ada yang mengatakan keunikan bonggol merupakan daya tarik utama melebihi dari kecantikan dan semarak bunga adenium.

Persoalan adalah tidak mudah mendapatkan bonggol bisa besar atau membuat menjadi besar dan unik. Banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya jenis adenium, perawatan adenium, media adenium , lingkungan .

Besarkan Bonggol Adenium

Berkaitan dengan judul diatas "perawatan adenium", lebih tepat tips membesarkan bonggol adenium dengan cara memendam dengan media tanam.

Berdasarkan pengalaman beberapa hobiis adenium, memendam bonggol telah diakui merupakan salah satu cara jitu membesarkan bonggol. Saya disini membedakan antara tanaman sudah cukup umur dengan yang belum, agar terhindar dari busuk bonggol.

Berikut Cara Dapat Dilakukan
  1. Diameter bonggol kurang dari 12 cm atau umur tanaman kurang dari 1 tahun, pendam bonggol sampai batas batang.
  2. Diameter bonggol lebih dari 12 cm atau umur tanaman lebih dari 1 tahun, pendam bonggol hanya sedikit diatas diameter terbesar.
Untuk mendapatkan bonggol adenium lebih baik juga perlu memperhatikan jenis adenium. Jenis adenium obesum, adenium arabicum, RCN dapat menjadi pilihan hobiis.

Demikian hobiis memendam bonggol adenium ini telah dicoba oleh kami sendiri dan hasilnya cukup baik dan mengurangi resiko busuk akar. Kalau hobiis sependapat silakan coba!

5 komentar

avatar

gmna caranya agar bonggol memanjang n sma bsar, sehingga waktu program akar nti adeniumnya tidak terkesan cebol / pendek. tq..

avatar

yg dimaksud memendam disini gm sih..? sy menanam dari biji dan tumbuh normal tp bonggol2nya gak mau membesar..,nah artinya ini kan sudah terpendam,lalu maksudnya mesti dipendam gm lagi brow..?apa rutin dipindah2 ke pot dan media lain gt?

avatar

Maksudnya itu!, Kadang ada bonggol yang tidak terpendam media seperti bonggol sudah terlalu lama tidak melakukan perawatan, atau kadang adenium masih kecil sudah diangkat bonggol dari media untuk memperlihatkan keindahan bonggol. Kalau emang tujuan mengangkat bonggol untuk keindahan atau takut busuk tidak masalah

Tapi kalau hendak membesarkan bonggol atau akar lebih baik di pendam dulu dengan media, kira-kira begitu..salam sukses.

Click to comment