Type something and hit enter

author photo
By On
Saya akan berbagi cara membuat akar adenium terurai. Saya agak susah mencari kata "terurai" yang tepat untuk menyampaikan maksud saya. Apa kata ini benar atau tidak yang penting maksud saya begitulah. Mudah-mudahan sahabat hobiis adenium mengerti.

Oh ya, maaf sudah lama sekali saya tidak update ini blog karena kesibukan lain. Entah dari mana akan memulai kembali untuk mengisi blog ini. Menulis juga sudah mulai kaku dan rada-rada bingung memilih kata-kata. Maka dari itu maklumin aja ya. Mudah-mudahan untuk kedepan kami lebih sering nongkrong lagi, dari itu kepada semua para pengunjung mampir lagi ya kesini, mudah mudahan ada yang baru.

Akar adenium terurai maksud saya adalah akar panjang terurai dan banyak dari pangkal batang menjalar dari atas kebawah samping sekeliling batang tersebut. Dari atas pangkal batang tumbuh beberapa akar yang sudah besar, turun kebawah akar mulai bercabang, semakin kebawah cabang makin banyak tersusun rapi di sekeliling batang. Kalau dilihat seperti gunung mempunyai lereng dan lembah dari akar, pada puncak gunung tumbuh batang. Tentu saja batang adenium, Jenis adenium ini bisa arabicum, RCN, Obesum dll. Kalau maksud saya belum paham juga lihat aja dulu foto ini.

Adenium Akar Terurai

Bagaimana hobiis, kepingin tidak adenium Andari dibuat seperti itu. Kami akan coba sering mudah-mudahan bisa membantu. Cara ini tanpa di potong tapi mulai kita desain dari kecil. Sebenarnya membuat akar adenium terurai ini hampir mirip dengan akar adenium mencengkram, artikel sebelumnya. Hanya saja artikel yang lalu mempunyai perbedaan yaitu dengan cara di potong pada bonggol. baca membuat akar adenium mencengkram.

Teknik Membuat Akar Adenium Terurai

Pemilihan bibit
Langkah pertama merancang akar terurai dimulai dari pemilihan bibit adenium yang tepat. Bibit yang baik dari jenis Socotranum, Arabicum dan turunannya, kalau mau yang lain juga boleh. Setelah pemilihan bibit jenis adenium langsung saja menyemai biji adenium. Mau tahu cara semai biji adenium beserta perawatan, baca cara semai biji adenium.

Seleksi bibit muda
Seleksi bibit muda insting Andari sangat diperlukan. Anda harus bisa mengira-ngira akar adenium tersebut memiliki perkembangan dan pertumbuhan baik di kemudian hari. Secara umum adalah begini, Cabut bayi adenium kurang lebih berumur 4 bulan dari media. Setelah itu dibersihkan dengan semprotan air. Setelah terlihat akar, pilih adenium pertumbuhan paling bonsor, akar percabangan banyak. Jangan lupa juga melihat bonggol dan percabangan batang yang simetris agar nanti kalau sudah besar akar bonggol dan ranting seimbang sehingga didapat adenium cantik menarik.

Siapkan media tanam
Persiapkan pot adenium bentuk lebar tidak terlalu dalam dengan ukuran sesuaikan dengan besar adenium, asal nanti pada saat menanam akar tidak sampai mentok kepinggir pot. Beli ditoko kembang banyak jual. Isi pot dengan media adenium dengan campuran sesuai. Kalau belum tahu cari di blog ini ada kok sudah saya tulis.

Cara Tanam Adenium Akar Terurai

Cara tanam kembali adenium
Isi media 1/2 bagian dengan bentuk lonjong ditengah seperti gunung, disesuaikan. Tanam bayi adenium di puncak gunung tersebut, lalu akar disusun menjalar ke samping pot. Akar disebar dengan rata sekeliling gunung media. Agar akar tidak berubah posisi jepit dengan lidi yang di tekuk. Awas jangan sampai akar terluka oleh lidi.

Setelah itu timbun dengan media sampai 3/4 bagian. Setelah itu siram dengan media adenium sampai basah dengan semprotan halus, ini bertujuan untuk menyatukan media dengan dengan tanaman.

Tempatkan adenium tersebut pada area terlindung, jangan sampai kena hujan, angin kencang dan kena panas langsung. Setelah tanaman kuat kira-kira 1 minggu, adenium bolelh diberi sinar matahari penuh.

Perawatan
Lakukan perawatan sebagaimana biasa. Ulang penanaman kembali setiap 4 bulan. Terus dipantau dan lakukan seleksi akar sampai adenium hobiis besar. Selamat mencoba.

Click to comment