Friday, January 28, 2011

Bagaimana Mempersiapkan Akar Adenium Agar Tampil Cantik

Akar memang merupakan kelebihan adenium dari tumbuhan lain. Kalau akar tidak tampil kompak dengan pertumbuhan tanaman secara keseluruhan rasanya seperti ada yang kurang. Ibarat sayur tanpa garam. Tapi apabila memiliki akar adenium menarik selaras dengan batang, dahan ranting, rasanya sangat puas, mak nyusss. Tidak menutup kemungkinan adenium hobiis juara dalam kontes.

Banyak cara dapat dilakukan agar akar adenium dikemudian hari tampil cantik. Salah satu cara dapat dilakukan dengan memilah akar berpotensi baik dan seimbang, yang lain boleh dipotong.

Akar Adenium

Berikut cara pemilahan akar adenium:

1. Pilih gaya atau rancangan adenium
Bicara soal memotong, akar mana boleh dipotong dan mana akan ditinggalkan. Dalam hal ini sebenarnya tergantung selera. Mau dirancang seperti apa akar adenium?. Apakah ingin akar adenium tampil terurai, dikepang atau penuh berisi. Umum adalah tampil terisi penuh, disarankan juga demikian. Tapi kalau hobiis memilih lain juga tidak apa-apa.

2. Bonggol sebaiknya terisi penuh.
Sekarang sudah ada sedikit gambaran mengenai akar mana akan dipotong dan mana dibiarkan. Sebaiknya akar berbentuk segi tiga agar simetris. Kenapa segi tiga? Karena lebih mudah menyusun akar dan terisi penuh. Terisi penuh maksudnya tidak ada ruang kosong diantara akar yang sudah terbentuk. Ini akan terlihat pada saat akar (bonggol) sudah diangkat dari media. Jadi hobiis harus mempunyai gambaran dikemudian hari agar akar ini menjadi seperti diinginkan. Setidaknya mendekati.

3. Pilih akar mau dipotong dan yang mau ditinggalkan.
Buang akar kecil-kecil tumbuh pada bagian atas yaitu yang mendekati batang. Sisakan akar tumbuh besar.  Akar ini nanti akan menjadi bonggol cantik terisi penuh dikemudian hari. Biarkan akar kecil-kecik bagian bawah untuk menyerap makanan. Karena akar bawah masih banyak kemungkinan. Supaya menjaga akar tidak terlalu banyak dibuang, mengingat akar berfungsi mencari makanan.

4. Susun dan pendam akar agar tampil cantik
Setelah pemilihan akar, susun akar yang dipilih dengan memperkirakan simetris terisi penuh di kemudian hari. Setelah itu pedam akar adenium dengan media supaya cepat besar.

Lakukan hal ini setiap menganti media tanam. Kalau ini dapat dilakukan dengan rutin mudah-mudahan adenium hobiis dapat tampil indah mempesona.
Share this article :

Related Post :



2 comments:

Software Berguna said...

bgaimana cara menanggulangi bonggol adenium yang mulai lunak/membusuk,..???

Jos said...

@software Berguna
Bonggol mulai membusuk, dapat dilakukan dengan mengangkat adenium tersebut dari media, dan gantung beberapa hari kalau sudah mengering adenium dapat titanam kembali..

Post a Comment

Saya lebih menghargai yang memberikan Link balik, bagi yang mengambil sumber dari blog ini.

 
DMCA.com © Copyright 2014. Perawatan Adenium