Type something and hit enter

author photo
By On
Pot Adenium-Merawat adenium merupakan hobi dan kesenangan. Pemilihan wadah atau pot adenium adalah hal yang perlu diperhatikan baik dari segi bahan, ukuran dan langkah persiapan sebelum mengganti media. Dengan demikian diharapkan pertumbuhan adenium lebih maksimal. Jangan lupa juga perhatikan waktu pertumbuhan maksimal adenium.

Pot Adenium

3 Hal Persiapan dan Jenis Pot Adenium

1. Jenis bahan pot adenium

Karena adenium termasuk tanaman sekulen dapat menyimpan banyak air di umbi maupun batang dan tidak menyukai banyak air, maka wadah yang cocok adalah mempunyai permukaan kering. Jenis wadah adalah  berbahan plastik. Plastik tidak menyerap air jadi tidak menyebabkan media lembab.

Sebagian ada hobiis senang menggunakan pot berbahan keramik. Hal ini karena lebih pada estetika. Sebaiknya kalau bahan keramik pilih pembakaran baik agar tidak menyebabkan lembab media.

2. Ukuran pot adenium

Ukuran pot juga disesuaikan dengan besar tanaman. Yang baik tentu ukuran sedikit lebih besar dari tanaman adenium itu sendiri, agar tanaman maksimal tumbuh. Kira-kira ukurannya 2/3 lebih besar dari diameter bonggol.

3. Bentuk pot

Bentuk pot yang baik untuk pertumbuhan adalah yang dalam. Kalau ingin mengunakan pot bonsai jangan terlalu ceper agar pertumbuhan adenium tidak tergganggu. Bagian bawah pot diberi lubang agar cepat mengalirkan air agar media tidak jenuh air. Kalau lubang kurang, ditambahkan!, tapi jangan terlalu banyak juga.

Setelah mempersiapkan pot, hobiis dapat langsung mengganti media, diharapkan dengan pot adenium yang baik tanaman dapat tumbuh dengan subur.

Click to comment