Type something and hit enter

author photo
By On
Grafting Adenium adalah teknik perbanyak cara sambung batang. Teknik ini banyak digunakan untuk menyambung silang batang atas. Batang atas memberikan sentuhan akhir dari seni bonsai adenium. Technorati JDRSXYF7NBH4

Cara ini banyak dilakukan pekebun untuk memperbanyak dan mempercantik adenium. Meskipun tidak sulit, menyambung adenium membutuhkan ketelitian.

Teknik sambung ini adalah grafting bentuk huruf V. Cara ini mudah dan cepat, asalkan ada titik tumbuh sudah bisa dipasang.

Langkah-langkah grafting adenium
  1. Siapkan batang bawah minimal umur 8 bulan, tinggi 15 - 20 cm, diameter batang kira kira 3 - 4 cm. Pilih batang bawah sehat bonsor dan banyak cabang.
  2. Buang batang dan daun yang ada di sekeliling entres. Ini bertujuan supaya mengurangi penguapan dan mempercepat tumbuh tunas nantinya. Karena makanan tidak terbagi bagi.
  3. Potong batang bawah sesuai kebutuhan, tapi jangan terlalu pendek jarak ke bonggol, kira-kira 4 - 5 cm. Kalau lebih tidak apa-apa asal diameter cukup. Gunakan pisau tajam dan steril.
  4. Siapkan batang atas lebih kecil dari batang bawah ukuran diameter 2 - 3 cm, panjang 5 - 7 cm. Perkirakan nanti entres sisa sepanjang 4 - 5 cm dari atas batang bawah. Perhatikan juga batang atas harus mempunyai beberapa titik tunas dimana bakal tumbuh.
  5. Buat irisan pada batang bawah berbentuk V lebih kurang 1 - 1.5 cm. Kira-kira nanti celah cocok untuk memasukkan entres.
  6. Buat sayatan pada entres bentuk V juga ukuran 1 - 1.5 cm. Jagan terbalik membuat sayatan pada entres! Buatlah pada bagian bawah entres.
  7. Potong Grafting Adenium
  8. Selipkan entres pada batang bawah. Tekan sedikit agar sambungan kuat dan menyatu.
  9. Sambung Grafting Adenium
  10. Balut sambungan dengan plastik atau tali rafia dengan lebar 2 cm. Lilitkan tiga kali putaran atau secukupnya dan ikat supaya kencang. Buatlah simpul ikatan kuat tapi mudah waktu melepas nanti.
  11. Ikat Grafting Adenium
  12. Bungkus sambungan dengan plastik es agar tidak terkena air. Buatlah gelembung udara dan ikat dengan kencang menggunakan tali atau kawat.
  13. Bungkus Grafting Adenium


Setelah di grafting, adenium tempatkan pada lokasi terlindung, jangan kena panas dan kena hujan. Tapi tetap dengan sirkulasi udara baik, seperti di kolong rak atau di teras rumah.

Setelah dua minggu sambungan akan menyatu. Saat itu plastik penutup boleh dibuka. Sedangkan ikatan dibuka saat kedua batang sudah sama besar ( 1 - 2 bulan) atau sudah dianggap cukup.

Ciri sambungan sudah tumbuh pada bekas sambungan menggelembung dan tumbuh tunas baru.  Cabang baru yang tumbuh disekitar batang bawah dipotong, agar pertumbuhan tunas pada batang atas dapat maksimal.

Setelah proses penyambungan selesai lakukan penyiraman secukupnya. Usahakan air tidak mengenai bekas sambungan. Untuk adenium grafting jangan memaksa untuk berbunga terlalu cepat.

3 komentar

avatar

grafting itu buat apa ya ?makasih

avatar

ups ternyata tuk memperbanyak ,lalu stlh grafting berhasil ,bagaimana caranya memperbanyak adeniumnya ?makasih lagi

avatar

Info yang cukup jelas.Lengkap dengan gambar sekali.mudah difaham.terima kasih saya akan cuba

Click to comment