Friday, May 4, 2012

Cara Membuat Bonsai Adenium

Bonsai adenium adalah cara membuat atau seni menata adenium agar tampil cantik menarik. Tidak lain bertujuan, siapapun yang melihat berdecak kagum terpesona dengan keindahannya. Perkembangan tumbuhan diatur oleh pemilik mulai dari akar, percabangan batang dan ranting. Tidak dibiarkan tumbuh alami apa adanya seperti di alam bebas.

Bonsai Adenium terinspirasi dari Seni Tanaman Bonsai. Karena beberapa jenis atau species adenium kalau dibiarkan tumbuh alami kurang menarik dan terkesan berantakkan, maka muncul ide untuk merubah tampilan menyerupai tanaman bonsai.

Ada perbedaan pendapat dimana adenium tidak dapat di kategorykan tanaman bonsai karena tidak berkayu. Tapi apapun itu saya tidak mempermasalahkan. Termasuk bonsai atau bukan yang penting membuat tanpilan adenium lebik menarik agar tidak membosankan.

Sekilas Tentang Tanaman Bonsai

Bonsai adalah tanaman atau pohon yang di kerdilkan di tanaman dalam pot dangkal menyerupai pohon besar tua hidup di alam terbuka. Bagian yang dikerdilkan mencakup keseluruhan pohon termasuk daun sehingga terkesan benar-benar miniatur sebatang pohon tua.

Bonsai Adenium

Bonsai Adenium 1

Lantas bentuk seperti apa yang bisa diterapkan pada adenium? Pada intinya tidak ada aturan melarang mau dibentuk seperti apa, dipersilakan berkreasi sepuasnya. Dibawah ini beberapa contoh kreasi bonsai adenium

- Bentuk bonggol segi tiga terisi penuh makin kebawah semakin besar. Dari bawah berbatang satu lurus atau berkelok, seterusnya  bercabang satu kesamping diikuti dengan percabangan ranting-ranting. Begitu seterusnya sampai keatas. Ibarat sebatang pohon yang tumbuh cabang kiri dan kanan dengan batang utama tetap satu sampai atas. Bentuk ini biasanya dari jenis Obesum, Socotranum, Somalense.

- Akar terurai atau terisi penuh. Dari bawah tumbuh dua atau tiga batang. Selanjutnya tumbuh cabang seperti diatas. Sehingga berbentuk pohon kembar.

- Bonggol lebar. Dari bawah berbatang banyak, lima atau lebih tumbuh dari bonggol. Selanjutnya mulai bercabang disemua batang, makin keaatas percabangan semakin banyak dan serempak. Sehinga membentuk seperti sapu lidi mengembang. Jenis ini biasanya dari Arbicum, RCN.

- Bonggol terurai atau terisi penuh. Tumbuh banyak batang menuju ke segala arah. Selanjutnnya batang diarahkan kesamping berserta cabang ranting. Dipotong atau di bentuk seperti paku payung. Bisa gunakan jenis Swazicum

- Menggunakan pot tinggi atau ditempatkan pada lokasi tinggi. Adenium tumbuh seperti pohon melengkung kebawa dengan cabang ranting. Ibarat pohon tumbuh di pinggir jurang dimana dahan dan ranting terurai kebawah. Biasanya jenis Obesum, Swazicum

- Berbentuk unik. Bonggol atau batang adenium menyerupai sesuatu benda, contoh menyerupai binatang ular kelinci ikan dll. Kadang diukir oleh pemiliknya. Hal ini syah-syah saja tidak ada larangan tergantung selera.

Demikian beberapa contoh bentuk bonsai adenium mudah-mudahan dapat dijadikan pertimbangan. Menurut saya semua bagus-bagus, hanya saja saya kurang berminat yang berbentuk unik. Tapi itu adalah sebuah pilihan semua tergantung hobiis sekalian.

Bagaimana membentuk bonsai adenium tersebut?
Bisa dimulai dari memilih jenis. Karena jenis atau species sangat menunjang pembentukan akar dan tajuk adenium. Dapat dimulai dari membeli anakkan atau perbanyak sendiri dengan cara semai biji.

Setelah itu lanjutkan membentuk akar bonggol. Sesuikan dengan jenis species adenium. jangan memaksakan berlawanan dari sifat akar yang sudah dipilih. Misal. kalau jenis akar terurai jangan berusaha membentuk terisi penuh begitu juga sebaliknya.

Selanjunya membentuk batang cabang. Hal ini juga sebaiknya jangan memaksakan diri berlawanan dengan jenis adenium. Membuat cabang ranting dapat dibantu dengan cara:

1. Teknik Potong
2. Teknik Grafting
3. Teknik Pruning
4. Teknik Double Tracking

Bonsai Adenium 2
Kedua gambar diambil dari pemenang kontes Jember 

Demikian sepintas mengenal dan cara membuat Bonsai Adenium. Pada intinya adalah teknik membentuk bonggol dan perencanaan batang cabang. Semua itu bisa berjalan sempurna sangat tergantung dari jenis adenium itu sendiri. Untuk lebih mendalam dapat dilihat dari cara membentuk masing-masing bagian adenium. Sebagian sudah ada artikel diblog ini coba dilihat di daftar isi. Selamat mencoba, semoga sukses.
Share this article :

Related Post :



5 comments:

korn stipeband said...

membutuhkan waktu yg lama,,cara membuat bonsay adenium?.,,
terkadang di ganti media tanam?...bonggol jdi keriput kisut?,,,tuk kembali sperti semula lama!

Jos said...

Emang butuh kesabaran tidak bisa terburu, disinilah seni nya menata adenium..kalau salah bisa fatal akibatnya. Tapi jangan putus asa karena adenium bunga yang bertahan puluhan tahun..

Anonymous said...

sangat2 membantu saya... terima kasih...
from malaysia

ppob said...

betul bgt tuw bkin bonsai adenium tuw susah-susah gampang, kdang-kdang jdi busuk batangnya...!!!

Anonymous said...

Susah membuatnya, makasih tas infox sangat membantu

Post a Comment

Saya lebih menghargai yang memberikan Link balik, bagi yang mengambil sumber dari blog ini.

 
DMCA.com © Copyright 2014. Perawatan Adenium