Seleksi Pertumbuhan Cabang Mau Dibesarkan

Senang rasanya melihat pertumbuhan adenium rimbun. Dimana batang cabang tumbuh lebih dari satu. Cabang banyak memang dambaan pencinta adenium, apalagi percabangan batang tumbuh sehat dan subur.

Pertumbuhan batang cabang ada yang secara alami, yaitu bercabang sendiri tanpa ada campur tangan dari manusia dan ada juga di siasati oleh manusia. Tapi apapun itu jelas kalau melihat cabang banyak rasa senang dan puas. Jerih payah selama ini merawat adenium secara rutin telah membuahkan hasil baik.

Pertanyaannya, apakah cabang banyak itu kita biarkan saja? Dengan arti lain kita melanjutkan perawatan adenium sebaik mungkin dimana selama ini sudah berjalan dengan baik. Atau Perlu di seleksi, tidak semua cabang dibiarkan membesar.

Sebelum dijawab pertanyaan diatas akan lebih baik mengetahui dulu cara mensiasati pertumbuhan cabang lebih dari satu. Karena kalau belum mengetahui hal tersebut. Bagaimana mungkin pertanyaan itu muncul.

Adenium yang ada sekarang saja tumbuh hanya satu batang kurus-kurus lagi. Siapa yang belum tahu lebih baik dibaca dulu karena pertumbuhan cabang banyak pada tumbuhan adenium dapat juga disiasati. Ada beberapa cara lagi, tidak cuman satu cara saja. Kalau mau lihat coba baca di artikel bagaimana cara mensiasati pertumbuhan cabang lebih dari satu dan artikel pruning daun dapat meransang pertumbuhan cabang. Bagi yang sudah mengetahui boleh dilanjutkan.

Kembali ke pertanyaan diatas, sebenarnya tergantung pemilik adenium itu sendiri atau seni adenium yang dipilih. Mau alami dibiarkan membesar seperti kebanyakan petani dari thailand atau mau seni bogi adenium. Seni bogi adenium alias bonsai adenium percabangan batang diatur sesuai gaya rencana termasuk jumlah cabang dipertahankan. Kalau saya menyarankan lebih baik di seleksi, kenapa?

Seleksi Cabang Adenium

Alasan Seleksi Pertumbuhan Cabang

1. Memaksimalkan pertumbuhan cabang
2. Batang cabang telah di seleksi lebih cepat membesar, karena makanan tidak dibagi terlalu banyak pada cabang lain.
3. Bentuk cabang tertata rapi mulai dari bawah sampai atas, karena jumlah cabang ditinggalkan sesuai keinginan
4. Kalau tidak di seleksi pertumbuhan nanti tidak rata, tidak tertata dengan baik.

Mungkin masih banyak lagi kenapa seleksi batang cabang harus dilakukan.

Cara Melakukan Seleksi Cabang Batang

1. Tentukan berapa jumlah batang akan ditinggalkan
2. Pilih pertumbuhan batang subur diantara cabang yang ada
3. Pilih arah cabang sesuai dengan gaya seni bogi adenium tersebut .
4. Usahakan pilih batang sama besar agar pertumbuhan nanti sama rata dan kompak. Kecuali hobiis ingin salah satu tumbuh lebih cepat.

Itu kriteria yang dapat saya sampaikan, tapi sekali lagi ini namanya seni menata adenium, jadi apapun yang dilakukan kalau itu menarik dan membuat suatu keindahan sah-sah saja dilakukan.

Demikian sahabat hobiis adenium semoga berguna artikel seleksi pertumbuhan cabang ini. Artikel ini dipilih karena masih erat kaitan dengan perawatan adenium secara keseluruhan.

Seleksi Pertumbuhan Cabang Mau Dibesarkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jos

0 komentar:

Post a Comment