-->

Type something and hit enter

author photo
By
Membentuk Adenium seperti bonsai dapat dilakukan dengan teknik tarik kawat ganda. Membentuk Adenium seperti Bonsai sudah bisa dilaksanakan apabila tanaman sudah banyak tumbuh cabang dan dalam kondisi sehat. Teknik tarik kawat ganda ini adalah sala satu cara membuat Bonsai Adenium.

Sebelum membentuk batang Adenium seperti bonsai, Andari sudah memastikan gaya bonsai seperti apa yang mau di buat. Gaya bonsai adenium bermacam macam, ada gaya seperti pohon kecil, pohon bercabang dua, rimbun seperti paku payung dll. Bisa juga Andari menciptakan gaya sendiri. Bagi yang ingin tahu gaya macam-macam gaya adenium baca membuat bonsai adenium.

Tarik Kawat Adenium

Membentuk Adenium Seperti Bonsai dengan Tarik Kawat Ganda

1. Pilih Adenium sehat.
Tanda adenium sehat adalah tanaman tumbuh segar daun berwarna hijau, tidak kuning dan tidak rontok, daun paling atas muncul daun muda. Batang tidak kena penyakit. Bonggol tidak busuk. Pilih juga Adenium yang tumbuh kokoh dengan akar kuat mencengkram pada media.

2. Lemaskan batang
Sebelum batang ditarik kawat, jemur adenium pada matahari penuh. Jangan disiram dalam waktu 4 sampai 5 hari, ini bertujuan untuk melemaskan batang agar mudah waktu menarik dengan kawat.

3. Peralatan
Siapkan alat untuk memulai membentuk adenium seperti bonsai. Kalau memungkinkan siapkan pilar beton yang bisa berputar untuk meletakkan pot diatasnya. Siapkan kawat diameter 2,5 mm dan 1,5 mm. Kawat besar untuk mengikat pot dan dudukan kawat kecil. Kawat kecil befungsi sebagai penarik cabang adenium ke arah pot. Siapkan juga bantalan untuk pengikat cabang adenium bisa berupa plastik, kertas atau potongan selang.

4. Membentuk batang
Pertama ikat dulu kawat besar disekeliling pot, berfungsi untuk mengencangkan pot dan tempat mengikat kawat kecil penarik cabang adenium.

Penarikan batang sudah bisa dimulai. Andari bebas menentukan gaya seperti apa yang diinginkan. Saran saja, usahakan simetris ke sekeliling pohon, untuk itu Andari buat batang tengah sebagai patokan awal. Batang sekeliling ditarik ke samping bawah pot lalu diikat ke kawat besar. Penarikan batang bebas bisa ke kiri atau kanan, sesuaikan dengan Adenium hobiis.

Jangan lupa memberi lapisan potongan selang atau plastik pada cabang adenium yang bersentuhan dengan kawat. Ini bertujuan untuk mengurangi luka pada batang cabang. Pada sentuhan kawat dengan potongan selang atau plastik, kawat tidak perlu dililit, cukup dikait saja. Ingat kawat penarik adalah kawat ganda.

Setelah semua cabang terikat semua, kencang kawat dengan dengan bantuan paku ditempatkan ditengah dan memutarnya. Atur kencang kawat sesuai kondisi masing-masing cabang.

5. Pangkas Cabang
Setelah penarikan kawat selesai Andari mulai memotong cabang sesuai khayalan atau gaya bonsai adenium yang diinginkan. Potong semua cabang agar nanti tumbuh kembali dengan kompak.
Membentuk adenium sudah selesai.

Terakhir jemur adenium pada matahari langsung. Lakukan perawatan adenium secara rutin. Dalam waktu 4-5 bulan kemudian adenium akan tampil cantik menarik.  Kalau ada yang kurang mengerti dari 5 point diatas lihat saja detail di artikel lain di blog ini semua sudah tersedia. Semoga membantu di membentuk adenium seperti bonsai dengan tarik kawat ganda.

Click to comment