Menyiram adenium Secukupnya

Menyiram Adenium secukupnya adalah langkah tepat. Mengingat tanaman ini tidak membutuhkan banyak air. Tanaman ini memiliki cadangan air di umbi yang besar. Kendati tidak memerlukan banyak air namun adenium butuh air cukup.

Pemberian air berlebihan dapat berakibat busuk akar. Akar busuk ditandai dengan perubahan warna menjadi coklat dan lembek, daun kuning dan batang gembos. Air berlebihan media menjadi lembab hal ini menimbulkan bibit penyakit menyerang adenium. Kalau sudah begitu tentu pertumbuhan adenium terhambat.

Adenium kekurangan air berakibat akar mengerut. Tandanya daun kuning dan mudah rontok dan tanaman menjadi kerdil. Dalam kondisi kekurangan air adenium akan menggunakan cadangan air dalam bonggol (akar), kalau berlangsung lama bonggol mengerut dan kering.

Kapan waktu penyiraman dilakukan?. Penyiraman dilakukan apabila media adenium kering. Untuk mengetahui media kering korek media lihat kondisi bawahnya. Jika media terasa lembab tidak tidak perlu penyiraman tapi kalau terasa kering berarti perlu penyiraman. Bantu juga dengan mengangkat media kalau terasa ringan berarti perlu penyiraman.

Menyiram sebaiknya lakukan pagi hari kalau sore kawatir air tidak cepat mengering kondisi media terlalu lembab.

Gunakan air bersih tidak berbau tidak berwarna tidak berasa dan bersih dari bibit penyakit, juga tidak beracun atau mengandung zat logam. Air untuk menyiram memenuhi persyaratan keasaman pH antara 6,0 - 6,5

Menyiram Adenium


Menyiram adenium lakukan beberapa cara :

  • Menyiram menggunakan Sprayer atau semprotan halus ke daun batang adenium, cara ini tidak merusak tanaman. Dengan menyemprot ke seluruh bagian adenium debu dan kotoran menempel akan rontok dan bersih terkikis air. Cara ini sangat baik lakukan satu atau dua kali dalam seminggu.
  • Menyiram air langsung ke media tanpa menyiram batang dan daun adenium. Tidak menyiram air terus menerus ke seluruh tanaman terutama daun, ini perlu juga dilakukan. Tiada lain bertujuan menghambat perkembangan penyakit yang ada pada daun. Karena sering kali daun adenium diserang hama baik itu kutu kuning kutu merah dan sebagainya.

Menyiram adenium Secukupnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jos

0 komentar:

Post a Comment