-->

Type something and hit enter

author photo
By
Menggunduli adenium termasuk teknik yang perlu diketahui oleh pencinta adenium. Teknik ini penting di ketahui oleh pemula maupun yang sudah berpengalaman. Banyak manfaat dapat diambil dari hal ini, nanti akan saya sharing ke Agan-agan sekalian.

Semua jenis dan umur adenium dapat dicoba program menggundul atau memangkas ini. Tanaman muda kira-kira lebih dari 6 bulan sudah bisa diprogram dari awal.

Menggunduli Adenium

Manfaat menggunduli adenium

1. Membentuk tajuk, berlaku dari tanaman muda sampai dewasa. Bentuk tajuk sesuaikan dengan selera dan bentuk yang diinginkan dikemudian hari. Disini Agan di tuntut berkhayal mengeluarkan imajinasi sebebas bebasnya. Sebagai gambaran saja Agan hobiis bisa coba pola 1-3-9-27 dan seterusnya atau pola yang lain juga boleh.

2. Menggunduli juga awal dari pemblajaran membuat bonsai adenium. Kalau agan sudah berpengalaman dengan teknik potong ini dan arah mana cabang akan tumbuh akan sangat mudah membentuk adenium bonsai. Untuk membuat bonsai sendiri bisa dilihat di cara membuat bonsai adenium.

3. Manfaat lain adalah memotong hama penyakit. Menggunduli berarti membuang sebagian batang dan daun dengan sendirinya hama penyakit yang menempel terbuang juga. Meski tidak semua hama dapat diatasi dengan cara ini. Kalau Agan mau membasmi hama penyakit dengan tuntas bisa dilihat di cara mengatasi hama penyakit adenium.

4. Merangsang banyak bunga. Setelah adenium tumbuh kembali, biasanya lebih segar dengan tunas baru, dalam jangka waktu kurang lebih 2 bulan bunga akan muncul dengan kompak.

Nah bagaimana Agan-agan sekalian mau mencoba..? Apa masih kurang.. kalau kurang ini lagi

Hal yang perlu diperhatikan saat pemangkasan adalah hindari memilih cabang saling bertumpuk atau saling bersilang. Cabang-cabang tersebut lambat mengeluarkan tunas baru dan bunga.

Selain itu pilih batang dengan diameter minimal 3 - 5 cm. Pilih batang yang kokoh dan besar hal ini memberi kesempatan adenium berbunga serempak dan cabang tumbuh lebih dari satu. Demikian manfaat atau guna menggunduli adenium dan sedikit tips yang perlu diperhatikan.

2 komentar

avatar

udah saya coba dan berhasil,
ada yang mau saya tanyakan, bolehkah memotong pada salah satu batangnya saja ?
karena saya takut nantinya tunas baru tidak muncul karena sdh banyak daun dan bunga dari batang yang lain.

avatar

Mantab informasinya, semoga sukses usahanya

Click to comment