-->

Type something and hit enter

author photo
By
Solusi daun adenium kuning dan rontok pada musim hujan. Penggemar adenium banyak mengalami hal ini baik hobiis pemula maupun yang sudah berpengalaman sekalipun. Sudah dapatkah mengatasi daun adenium kuning dan rontok?

Daun adenium rontok pada musim hujan, disebabkan adenium adalah tanaman sekulen dimana tanaman ini lebih terbiasa dengan lingkungan sedikit air. Pada musim hujan terjadi perubahan lingkungan drastis menjadi sangat basa. Perubahan sifnifikan inlah yang membuat adenium rontok daun.

Sebenarnya rontok daun pada adenium adalah hal biasa karena tanaman ini memang mempunyai masa dorma. Tapi bagaimana menguranginya?. Saya tertarik memposting artikel ini setelah membaca wartapedia, ada satu trik sederhana yang dapat mengatasi rontok daun adenium pada musim hujan. Yaitu dengan mengatur cara penyiraman sebelumnya.

Hobiis sama-sama sudah mengetahui penyiraman adenium di musim panas dan musim hujan, ini akan sedikit berbeda. Disana ada teknik penyiraman dilakukan pada seluruh tanaman termasuk media. Ada juga teknik menyiram hanya media saja dengan maksud dan kegunaan berlainan.

Solusi mengatasi daun adenium kuning dan rontok

Kalau hobiis mau mengatasi atau mengurangi rontok daun pada musim hujan maka lakukan penyiraman seluruh pohon termasuk media. Penyiraman tidak dibedakan pada musim hujan maupun musim panas. Ini dimaksud agar membiasakan tanaman adenium basah seperti musim hujan.

Masuk akal juga memang cara ini, saya juga sudah mencoba cara ini dan berhasil. Tapi tidak pada semua jenis adenium. Lumayan untuk mengatasi daun kuning dan rontok. Bagaimana hobiis mau mencoba? Cara ini gratis loch.

mengatasi daun adenium kuning


Resiko dari membiasakan adenium dengan kondisi basa adalah busuk akar dan batang. Untuk membantu ganti media adenium dengan yang porous. Kondisi media porous dapat membantu mempercepat air keluar dari media. Bagaimana pun adenium tetap tanaman sekulen, akan membusuk jika kebanyakan air.

Mudah mudahan solusi mengatasi daun adenium kuning dan rontok ini dapat membantu hobiis.

13 komentar

avatar

infonya mantap. Saya sudah nyari-nyari di google akhirnya nemu disini..tinggal praktek deh

avatar

Dipersilakan di cari sesui kebutuhan atau gunakan bantuan categories

avatar

kalo untuk memperbanyak bunganya caranya bagaimana ya

avatar

@M isya
Memperbanyak bunga
Kurangi penyiraman dan diberi pupuk bunga..
Untuk lebih lanjut akan saya buatkan artikel mengenai hal ini, semoga membantu

avatar

terima kasih atas infonya...

avatar

Ya sama sama, silakan lihat yang lain

avatar

Maaf Gan mau tanya dikit.
Pada saat daun rontok dan sampe habis, apakah boleh batang2nya di potong biar tumbuh tunas baru lagi.
Tks atas sarannya.

avatar

@PUNDRA SAIFUL
Sebaiknaya jangan dipotong dulu. tunggu sampai ada tanda pucuk mau tumbuh kembali.

avatar

saya senang sekali,,
karena sudah mendapatkan infonya, soalnya saya udah lama nanya sama teman-teman cara menanam sampai dengan cara mencegah hama, tapi mereka bilang kalo cara mengatasi hama mereka ngak tahu, tapi setelah aku nyari di google ternyata semuanya complit.
Maaf aku mau nanya, saya ngak punya pupuk khusus bagaimana cara menbuat pupuk sendiri?
Thanx ya atas infonya,,,

avatar

@adnadel
Untuk mengatasi hama beli aja peptisida untuk adenium, banyak kok dijual di toko kebun

avatar

Gan..contoh nama pupuk yg cocok utk adenium obesum apa..?

avatar

@endiko,, ada banyak pupuk ŸªŇƍ cocok untuk adenium, lebih disarankan pupuk ŸªŇƍ mengandung NPK dengan kadar P dan K tinggi, agar bertujuan tanaman tidak terlalu tinggi dan kurus. Contoh growmore merah, atau bisa juga pupuk tabur slow realese yaitu dekastar coklat, aplikasinya sesuaikan dengan petunjuk di kemasan.

Click to comment